Gubernur dan Ratusan Alumni Hadiri Pengukuhan IKA Unhas Sulteng

CDC.UNHAS.AC.ID- Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin Sulawesi Tengah (Sulteng) dikukuhkan hari ini, Sabtu (28/9/2019) di Aula Kantor Gubernur Sulteng, Kota Palu.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 250 alumni dari berbagai fakultas dan angkatan. Tak hanya yang bermukim di Kota Palu, sejumlah alumni dari Kabupaten Poso dan Luwuk, Banggai, juga turut meramaikan acara ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Gubernur Sulteng Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. yang juga alumni Pascasarjana Administrasi Publik Unhas. Pula hadir Bupati Kabupaten Banggai, Sulteng H Herwin Yatim (alumni Kehutanan 1985).

Sementara itu mewakili Rektor Unhas adalah Direktur Alumni dan Penyiapan Karir Abdullah Sanusi, PhD serta Abd. Rahman Faris selaku Wakil Sekretaris Jenderal IKA Unhas.

Pada periode ini, terpilih sebagai Ketua IKA Unhas Sulteng adalah Rahmat Abdul Haris yang merupakan alumni Fakultas Teknik angkatan 1976. Rahmat saat ini bekerja sebagai Direktur Utama PT Bank Sulteng.

Sebelum pengukuhan, kegiatan ini diawali dengan dzikir bersama dalam rangka memperingati satu tahun peristiwa gempa dan likuifaksi di Palu.
Dalam sambutannya, Gubernur Sulteng menegaskan pentingnya peran IKA Unhas dalam mempercepat pembangunana daerah di Sulteng Pascabencana pada 2018. Ia pun mengharapkan para alumni yang hadir dapat memberikan kontribusinya kepada Sulteng.

Sementara itu, Direktur DAPK Abdullah Sanusi mengatakan bahwa saat ini jumlah alumni Unhas sebanyak 148.613 per September 2019. Dengan jumlah yang cukup besar, tambahnya, alumni juga memegang perana penting dalam kemajuan Unhas .

“Menjadi harapan kita semua, dengan kehadiran IKA Unhas Sulteng ini dapat melahirkan energi dan sinergi di antara kita semua dan juga untuk kemajuan almater dan percepatan pembangunan di Sulteng,” kata Abdullah yang juga dosen Fakultas Ekonomi Unhas.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa unhas saat ini bertransformasi menjadi Humaniversity atau kampus kemanusiaan. Unhas pun merancang sejumlah program seperti mendirikan Pusat Studi Gempa, menerima mahasiswa vokasi dari Asmat, Papua dan tahun kemarin memberikan kesempatan kepada mahasiswa di Sulteng untuk berkuliah sementara di Unhas.

Pengukuhan pengurus IKA Unhas Sulteng ini berlangsung dalam suasanan kekeluargaan dan diakhiri dengan ramah tamah.