Loading...

British Council Beri Tips Raih Beasiswa Chevening Untuk Mahasiswa Unhas

Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir (DAPK) bidang Kemahasiswaan Unhas melaksanakan Webinar Peluang Studi dan Beasiswa ke Inggris, Kamis (17/9/2020). Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama antara DAPK Unhas dan British Council.

 

Direktur Alumni dan Penyiapan Karir (DAPK), Dr. Abdullah Sanusi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para mahasiswa bagaimana mendapatkan beasiswa ke Inggris. Selain itu, alumni Unhas yang juga pernah belajar di Inggris dapat diberikan wadah untuk menjalin hubungan baik melalui kegiatan menarik.


Webinar ini menghadirkan 4 narasumber yaitu, Network and Alumni Officer British Embassy Jakarta, Raras Tulandaru, Chevening Awardee 2020, Nursidah S.Sos, Chevening Scholarship and Alumni Coordinator British Embassy Jakarta, Rowena Rompas, and Marketing Officer Study UK, Yuli Vega.


“Beasiswa chevening telah ada di 160 negara di dunia termasuk di Indonesia. Kandidat yang dicari untuk mendapatkan beasiswa ini adalah orang-orang yang memiliki ambisi dan strong interpersonal skill,” ucapnya.


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa melalui beasiswa ini, kita juga berharap agar para penerima beasiswa dapat meduduki posisi yang baik di berbagai perusahaan di Indonesia. 


Selanjutnya, Raras Tulandaru memaparkan apa saja yang harus dilakukan dalam menulis esai bagi yang ingin mendaftar beasiswa Chevening. Raras mengatakan bahwa dalam menulis esai, pelamar beasiswa harus menjelaskan apa dan siapa dirinya secara singkat dan jelas. Ia juga memberikan metode STAR yang merupakan singkatan dari Situation, Task (Your Role), Action (What & How You Did), dan Result.


“Ketika menulis esai, para pendaftar juga harus percaya diri dalam menyampaikan apa yang telah ia lakukan dan tetap jujur serta lakukuan mentoring dengan para penerima Chevening sebelumnya,” katanya. (ilo)

Image placeholder
Ilham Dipublikasikan tanggal 18 September 2020