Loading...

DAPK Unhas Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir (DAPK) Unhas bekerjasama dengan Gojek melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan, Senin (26/10/2020) via aplikasi zoom. Kegiatan ini menghadirkan Top Coach Indonesia, Dr. Indrabayu, M.Bus.Sys, Founder Lazuna-Top Merchant Go Food, Hasdar Haedar, SE dan CEO PT. Genrich Investama Kapital, Fikri Syaman, SH.

Indrabayu memberikan beberapa tips kepada peserta yang ingin membuat sebuah usaha atau yang kini telah berkecimpung di dunia bisnis kuliner. “Dalam bisnis, jangan pernah bersaing harga. Yang penting adalah Anda menyediakan value dan itu pasti orang cari,” katanya.


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa standarisasi bisnis harus selalu dijaga, mulai dari resep ataupun rasa yang tetap dipertahankan hingga reputasi tempat makan yang dimiliki. Tak hanya itu, dalam berbisnis ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti melakukan riset pasar sehingga produk yang dibuat dapat sesuai dengan kebutuhan pasar. Dan untuk menjalankan semua itu dibutuhkan tim yang profesional. Setiap orang di dalam tim telah ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan minat dan kemampuannya serta saling mengetahui apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing.


“Ingat, dalam dunia bisnis, customer is always the king, sehingga apapun produk yang dibuat maka kualitasnya harus selalu dijaga,” tegasnya.


Kemudian, Fikri Syaman menyampaikan agar para peserta yang akan terjun ke dunia bisnis untuk turut memperhatikan kelemahan maupun kekuatan competitor usaha yang akan mereka buat. Setelah menganalisa kemampuan kompetitor maka akan didapatkan nilai pembeda yang harus dimiliki produk yang akan diproduksi.

Hasdar Haedar berbagi informasi dan strategi menjadi top merchant di aplikasi Gojek. “Di awal itu kami selalu aktif berkomunikasi dengan pihak Gofood agar bisa menjadi akun yang masuk dalam management atau dikelola oleh pihak Gofood secara langsung,” ucapnya. (*/ilo/kin)

Image placeholder
Ilham Dipublikasikan tanggal 27 October 2020