Loading...

Hasanuddin Career Program Batch 3, Beri Pelatihan Public Speaking dan Persiapan Mental bagi Mahasiswa dan Alumni

Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Subdirektorat Penyiapan Karir (Career Center) Direktorat Kemahasiswaan, kembali memberi pelatihan persiapan karir kepada mahasiswa dan alumni melalui Hasanuddin Career Program (HCP), Jumat 20 September 2024. 

Career Center menghadirkan dua pembicara, CEO DA Public Speaking Deny Azis dengan materi “Public Speaking sebagai Keterampilan Esensial di Dunia Kerja. Pemateri kedua disampaikan Dosen Psikologi Unhas Elvita Bellani SPsi, MSc dengan materi “Persiapan Mental untuk Transisi dari Kampus ke Dunia Kerja”. 



Kasubdit Penyiapan Karir Unhas, Burhan Kadir SS MA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa HCP ini merupakan program rutin Career Center Unhas untuk menyiapkan mahasiswa dan fresh graduate memasuki dunia kerja. 

“HCP ini kami adalah program agar alumni mempunyai kemampuan dan persiapan ke dunia kerja. Career Center hadir untuk membantu alumni bertarung di dunia kerja dan agar bisa cepat terserap di dunia kerja,” terangnya.



Pada sesi pertama, pemateri Deny Azis yang merupakan certified public speaker menyampaikan komponen penting seperti ekspresi dan bahasa tubuh, tekanan suara dan materi dalam public speaking. Ia juga menjelaskan bahwa ketakutan terbesar manager perusahaan berdasarkan penelitian adalah berbicara di depan umum. 

Sementara itu, pembicara kedua mengulas tentang kesiapan mental menghadapi dunia kerja. Elvita memberikan beberapa tips seperti mengenali tantangan, mengenali sumber stres, mengenali kekuatan diri dan menyusun rencana. 

HCP kali ini diikuti 230 peserta yang merupakan alumni dan mahasiswa tingkat akhir Unhas. Selain materi wawancara dan CV, peserta juga mengikuti tes TOEFL yang bekerja sama dengan Fulbright Indonesia. (rmd/ilo)

Image placeholder
Ilham Dipublikasikan tanggal 24 September 2024